Liga 1 2023/2024 Terobosan Terbaru: Teknologi VAR

Ketua PSSI Erick Thohir menjelaskan untuk level, baik di tingkat Asia Tenggara maupun Asia. Saat ini liga Indonesia, khususnya Liga 1 sebagai level elite, berada di peringkat keenam se-Asia Tenggara dan 26 se-Asia, dilansir dari Footyrank. Di Asia Tenggara atau AFF, liga Indonesia berada di bawah Thailand, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Singapura.

Dalam konferensi pers, Erick Thohir mengisyaratkan Liga 1 2023/2024 akan diselenggarakan seperti Liga Inggris. turnamen ini akan dimulai pada 1 Juli dengan laga pembuka Persija Jakarta vs PSM Makassar. Pertandingan perdana ini akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Dua pekan sebelum kick-off, PSSI, PT Liga Indonesia Baru dan pemegang hak siar SCM (Surya Citra Media) juga menggelar peluncuran Liga 1 pada Kamis (15 Juni 2023). Dalam kesempatan itu, Erick Thohir membeberkan terobosan-terobosan yang akan dihadirkan dalam kompetisi tersebut.

“PSSI sangat serius untuk membenahi timnas termasuk turnamen sebagai produk yang dapat memajukan sepak bola Indonesia. Ini pertama kalinya semua klub memiliki lampu LED (papan sponsor/papan elektronik),” kata Erick Thohir dalam keterangannya. Erick Thohir menegaskan kembali aturan bagi suporter klub Indonesia untuk tidak menyelenggarakan tur musim ini di level kompetisi manapun. Ketua Umum PSSI tersebut menerapkan aturan ini secara ketat untuk menjadikan sepak bola Indonesia lebih baik dari sudut pandang suporter

BACA JUGA : Timnas Indonesia Menahan Imbang Palestina

Tak kurang dari 18 tim peserta Liga 1 akan berjuang menjadi yang terbaik. Karena musim depan sudah dipastikan akan menerapkan mekanisme promosi dan degradasi, membuat persaingan semakin ketat.

Teknologi VAR

Nantinya Liga 1 2023/2024 akan menerapkan teknologi Video Assistant Referee (VAR). Mulai pertengahan musim, tepatnya Februari 2024 teknologi VAR baru akan digunakan. Salah satu hal yang harus dipersiapkan untuk penerapan VAR adalah pembenahan fasilitas stadion. Ketua PSSI Erick Thohir mengatakan hal itu tidak akan menjadi kendala. Memang, pemerintah Republik Indonesia telah berkomitmen untuk memperbaiki banyak stadion di Indonesia.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *